Cara Masuk Daftar Penerima Aneka Tunjangan 2017 di SIMTUM

By on March 31, 2016

Postingan kali ini untuk menjawab berbagai pertanyaan yang di sampaikan entah melalui chat Facebook maupun langsung pada komentar Mz-Ringgo Blog, tentang aneka tunjangan 2017. Kali ini Saya akan memberi tips, Bagaimana sih cara masuk daftar penerima aneka tunjangan 2016 ? sebenarnya dibilang tips juga bukan, tapi lebih tepat jika disebut informasi saja kali yah…

Daftar penerima aneka tunjangan 2017 masuk melalui SIMTUM !

Seperti yang disebutkan dalam sub judul diatas, semua mungkin sudah pada paham dan mengerti, jika Anda ingin mendapatkan aneka tunjangan yaitu nama Anda harus di masukan dalam calon penerima aneka tunjangan pada aplikasi SIMTUM. Lalu apa itu SIMTUM sebenarnya ??

SIMTUM bisa dibilang sebagai pintu masuk bagi guru-guru yang akan menerima tunjangan. Tentunya data yang diambil untuk SIMTUM adalah bersumber dari Dapodik. Lalu siapa sebenarnya yang menjalankan / mengelola aplikasi SIMTUM ini ? apakah kita bisa melakukannya sendiri ?

Sayangnya kita tidak bisa memaksakan kehendak untuk bisa masuk dalam daftar penerima aneka tunjangan 2016. Kenapa ? karena aplikasi ini dikelola oleh Admin Dinas Pendidikan. Jadi Admin dinas lah yang berwenang dan mengerti siapa saja yang akan masuk dalam daftar penerima aneka tunjangan. Dan tentunya, calon penerima aneka tunjangan dibatasi dengan jumlah kuota yang telah ditetapkan pemerintah. Baca lebih lanjut mengenai kuota aneka tunjangan di postingan bawah ini :

Baca : Kenapa Aneka Tunjangan Menggunakan Kuota ??

Jika seperti itu apa tidak terjadi rawan ketidak adilan ? Saya tidak bisa bicara negatif dulu, namun hal itu kemungkinan bisa terjadi mengingat ada sebuah kasus di suatu daerah yang sebenarnya layak mendapatkan aneka tunjangan, malah tidak dapat sama sekali.

Namun ingat !! tidak semua begitu, admin dinas juga bekerja secara profesional. Memasukkan data Anda dengan benar dan sesuai kenyataan. Karena semua data yang masuk untuk memperoleh aneka tunjangan, adalah data-data mereka yang valid yang sesuai dengan syarat dan kriteria yang berlaku. Informasi lebih lanjut mengenai kriteria dan syarat pada perubahan aneka tunjangan bisa dilihat di artikel bawah ini.

Baca : Perubahan Kebijakan Aneka Tunjangan 2016.

Lalu bagaimana yang dulu pernah mendapatkan aneka tunjangan, tapi sekarang tidak mendapatkan kembali ? bahkan ada yang tidak pernah mendapatkan sama sekali walaupun memenuhi syarat dan kriteria. Ini kemungkinan bisa terjadi karena beberapa sebab, yaitu :

  • Kuota sudah terpenuhi. (sering terjadi)
  • Data Anda tidak valid dalam aplikasi Dapodik yang di input di Sekolah masing-masing.
  • Dan yang paling negatif ya,,, admin SIMTUM pilih kasih, tapi tidak tahu lah…. semoga ini tidak terjadi.

Lalu bagaimana agar lancar dalam memperoleh aneka tunjangan 2016 ? apakah ada tips atau saran ? untuk saran dan tips yang mungkin bermanfaat untuk Anda, adalah :

  1. Pastikan data Anda sesuai dan valid dalam aplikasi Dapodik masing-masing. Antara lain :
    • NUPTK Benar dan Valid di Ditjen GTK. Untuk memastikan valid atau tidak. >> CEK DISINI 
    • Anda memiliki jumlah jam mengajar yang cukup, sesuai syarat. Syarat bisa dilihat di >> SINI
  2. Bersama kawan Anda, konsultasikanlah ke admin SIMTUM dinas pendidikan setempat.
  3. Berpikir positif dan terus semangat.

Itulah beberapa tips untuk memperoleh aneka tunjangan 2016 kali ini. Jika Anda memang layak untuk mendapatkannya dan sudah menjadi rezeki Anda, pastinya Anda akan dapat juga. Dan yang lebih penting lagi ialah kualitas mendidik dan mengajar Anda. Yakin lah semakin Anda berkualitas, semakin berkualitas pula tunjangan-tunjangan ayang akan menghampiri Anda. Jadi tetap semangat dan keep calm…. ngopi dulu lur….

About Captain Iwan

2 Comments

  1. tarsih sunarsih

    November 5, 2016 at 12:50 pm

    tolong infonya ya

    Reply
  2. jarot

    May 5, 2017 at 3:20 am

    tlng kl bs di kasih kontak yg bisa di hub admin pusatnya, krn saat ini dinas blng utk buka kunci msh di tutup dr pusat, pdhl ada rujukan utk perbaikan data.. shngga data tdk bs di perbaiki sblm buka kunci

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *