Bisnis Online Tanpa Modal – Langkah Awal Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

By on December 23, 2015
Bisnis online tanpa modal. Bagi Anda-anda yang ingin memiliki bisnis, namun tidak memiliki modal, bisa memulai bisnis online ini sebagai langkah awal Anda meraih kesuksesan. Bisnis online tanpa modal yang saya bagikan ini, bukan berarti 100% tidak menggunakan modal sama sekali. Yang namanya modal bukan hanya uang saja, namun juga berbentuk tenaga, waktu dan pikiran.
Sebagai langkah awal memulai bisnis online, kita sebagai pemula mungkin akan sedikit ragu-ragu jika langsung mengeluarkan modal besar. Untuk itu, Anda perlu pengalaman dan belajar dulu bisnis online yang bermodal kecil. Tidak perlu membuka seperti toko online, langsung berbelanja kebutuhan untuk stok barang toko online anda yang belum tentu akan laku.
Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Pemula
Meraih kesuksesan bukan hanya milik mereka saja yang sudah berpengalaman dan memiliki modal. Para pemula pun bisa meraih kesuksesan walaupun dengan modal sedikit “dengkul” dan minim pengalaman di bisnis online. Cara bisnis online untuk pemula yang saya bagikan ini, merupakan langkah awal para pebisnis online yang sudah sukses. Berawal dari coba-coba dan sebagai tempat belajar, bisnis online tanpa modal ini sudah menjadi “jembatan” para pebisnis online meraih kesuksesan.
Untuk memulai bisnis online, memang dibutuhkan beberapa tips agar bisnis online Anda berjalan lancar. Antara lain :
1. Jangan Malu untuk Bertanya
  • Sebagai langkah awal, jangan malu untuk bertanya. Baik kepada teman, forum-forum seperti kaskus.com dan lain-lain. Perbanyak belajar dari Google tentang bisnis online juga sudah banyak dibahas para senior.

2. FOKUS
  • Fokus pada satu titik bisnis online akan membuat rencana Anda berjalan mulus. Tidak perlu mencoba semua bisnis online jika Anda belum sukses pada bisnis online yang sedang berjalan. 
Jika Anda sudah memiliki niat untuk memulai bisnis online, silahkan pilih bisnis online yang cocok untuk Anda. Antara lain yang sudah saya coba adalah sebagai berikut :
#MENJADI DROPSHIPPER (CALO)
Ya seperti kata pada tanda kurung diatas. Menjadi dropshipper adalah cara bisnis online tanpa modal pertama yang saya lakukan. Hal yang pertama Anda lakukan adalah mencari TOKO ONLINE yang terpercaya dan menjual harga sedikit miring, seperti Lazada.co.id
Anda hanya perlu memasarkan barang milik toko online tersebut dengan menaikkan harga sedikit lebih tinggi dari aslinya. Anda bisa memulai memasarkan lewat Facebook. Sertai foto produk dan kasih harga sedikit lebih tinggi dari toko online tersebut.
Jika pelanggan memesan, Anda tinggal memesan balik ke toko online tersebut dan mencatat alamat pengiriman sesuai dengan pemesan. Bagaimana gampang kan?
Hal yang perlu di catat :
  • Jangan sekali-kali untuk memasang harga tinggi. Karena sebagai langkah awal memulai bisnis ini, menumbuhkan kepercayaan adalah yang utama. 
  • Sebaiknya untuk melakukan bisnis online dropshipper ini dilakukan dengan memiliki website sendiri, namun jika Anda tidak memiliki website, Facebook pun bisa menjadi solusinya.
#MENJUAL KEAHLIAN ANDA

Apa anda suka menulis, menggambar (membuat desain grafis) dan lain-lain, kenapa tidak jual saja keahlian Anda itu. Cobalah buka freelancer.com, disitu banyak yang membutuhkan keahlian Anda. Dan tentunya pastikan memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan Anda.
Bisnis online ini, bisa juga disebut kerja online. Freelancer sebagai calo akan menampung pelanggan yang sedang mencari pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan nya. Lalu freelancer akan menawarkan pekerjaan itu untuk Anda.
#SURVEY ONLINE
Untuk yang satu ini, Anda bisa memulainya sebagai sampingan saja. Kenapa? karena memang kerjanya jika ada survey saja. Wah berarti hasilnya sedikit dong! belum tentu juga.
Selama saya mengikuti survey online, seperti YouGov, hasilnya tidak mengecewakan. Lebih dari $100 hanya dalam waktu 2 minggu. Pekerjaannya hanya dilakukan setiap ada survey saja, biasanya 2 kali dalam sehari dalam rentan waktu 5 menit per survey. Mau coba? Daftar DISINI
Tips survey online YouGov :
  1. Selalu isi survey dengan sungguh-sungguh. Walaupun jawabannya Anda tidak tahu, namun di usahakan Anda terlihat serius mengisi survey agar terlihat relevan dengan topik survey tersebut.
  2. Usahakan jangan terlalu cepat mengisi survey. Jangan asal klik selanjutnya.
  3. Diusahakan, setelah menerima email. Anda langsung mengisi, walaupun sebenarnya tidak ada kata terlambat mengisi survey. NAMUN LEBIH CEPAT LEBIH BAIK.
  4. Setelah Anda bisa ke tiga hal diatas. Survey akan datang sering sekali kepada Anda. Karena YouGov beranggapan Anda orang yang cocok memiliki kredibelitas dalam mengisi survey.
#MEMBANGUN BLOG/WEBSITE
Saya taruh membangun blog atau website pada opsi terakhir, karena memang mengeluarkan modal walaupun tidak besar. Jika Anda memiliki blog/website tentunya yang berkualitas, di sinilah gerbang menuju bisnis online sebenarnya sudah bisa terlihat.
Dengan memiliki blog/website sendiri, tentunya banyak peluang bisnis online yang bisa di jalankan agar terlihat profesional, contohnya semua diatas tadi. Dan beberapa diantaranya adalah :
  • PPC (Pay Per Clik)
Website/blog yang Anda buat adalah ladang uang untuk Anda, jika Anda serius dalam mengelolanya. Jika blog/website Anda berkualitas para pemasang iklan seperti Google AdSense akan tertarik menempatkan iklan di blog/website Anda.
Bayaran dari program ini, contohnya Google AdSense adalah per klik iklan yang ada di blog/web Anda. Semakin banyak pengunjung, semakin besar pula kesempatan iklan akan di klik oleh pengunjung. Dan otomatis semakin besar pula bayaran yang akan Anda terima.
  •  PPS (Pay Per Sale)
Program PPS adalah program dimana kita akan dibayar jika kita berhasil menjual sebuah produk/ jasa/ membership, kepada orang lain. Besarnya komisi yang didapatkan oleh publisher PPS sangat beragam, tergantung persentase yang diberikan oleh pihak penyelenggara program PPS.
Sama halnya dengan program PPC, biasanya untuk menjadi publisher program PPS kita harus memiliki sebuah website atau blog. Melalui website/ blog tersebut kita bisa memasarkan produk-produk yang dijual oleh pihak penyelenggara PPS. Setiap publisher diberikan link affiliate, dan ketika seseorang membeli produk dari link affiliasi tersebut maka publisher akan mendapatkan uang. Beberapa program PPS yang sangat terkenal adalah Lazada.co.id didalm negeri, Amazon.com, ClickBank.com diluar negeri.
Nah, itulah beberapa bisnis online yang saya lakukan. Sebagai pemula saya memilih untuk tidak mengeluarkan modal banyak. Cukup bisnis online diatas sebagai langkah awal bisnis online saya yang saya jalani, sebelum memulai bisni online berskala lebih lanjut.”besar”.

About Captain Iwan

One Comment

  1. Erick Girimukti

    May 11, 2017 at 8:20 am

    saya mau coba yougov nya. mudah2 berhasil terima kasih atas info nya semoga sukses selalu di bidang anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *