Contoh Soal GLB (Gerak Lurus Beraturan) Serta Pembahasan

By on December 8, 2016

Contoh soal GLB atau singkatan dari gerak lurus beraturan akan Saya bahas secara lengkap dengan metode cara penyelesaiannya. Biasanya soal-soal yang membahas GLB, yang sering kita jumpai dalam dunia maya memang terkesan sulit untuk dipelajari. Maka dari itu, disini kami akan membagikan lengkap dengan yang dirujuk oleh semua bimbingan belajar di Indonesia.

Berikut Contoh Soal GLB yang Bisa Anda Pelajari!!

Contoh soal GLB dan GLBB serta pembahasan memang banyak dicari para pelajar untuk menyelesaikan tugas mereka. Namun, khusus yang satu ini, Saya hanya akan membagikan soal tentang GLB saja dulu. Kenapa? karena jika dicampur akan membuat pembahasan tidak terperinci dan tidak mencapai tujuan yang kami maksud.

Ok, langsung saja ke contoh soal. Bisa Anda lihat dan pelajari secara lengkap dibawah. Bisa juga Anda cetak dan kemudian Anda jawab soal-soal maupun untuk teman-teman Anda yang membutuhkan. Dengan format Ms.Word yang pastinya Anda sudah tak asing lagi.

>> CONTOH SOAL GLB dan KUNCI JAWABAN <<

Contoh soal diatas kami rangkum dalam sebuah pembelajaran dan arahan yang diberikan para pembimbing di bimbingan belajar terkemuka. Dengan belajar soal diatas kami yakin, Anda akan berhasil dan meraih nilai yang memuaskan dalam mata pelajaran terkait.

Anda Butuh Soal ini?

Apa itu GLB?

Untuk lebih jelas mengenai GLB (Gerak Lurus Beraturan) mari kita simak penjelasan singkat berikut ini.

Gerak lurus beraturan (GLB) yaitu gerak lurus suatu obyek, dimana dalam gerak ini kecepatannya tetap atau tanpa percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu. Dengan arti dan satuan dalam SI: s = jarak tempuh (m) v = kecepatan (m/s).

Contoh soal GLB lengkap

Apa Perbedaan GLB dengan GLBB?

Untuk gerak lurus beraturan (GLB), benda bergerak dengan kecepatan tetap (misalnya benda bergerak pada detik pertama kecepatannya 2 m/s, kemudian pada detik kedua kecepatannya tetap 2 m/s, dan pada detik ketiga dan seterusnya kecepatannya tetap 2 m/s, artinya tidak mengalami pertambahan kecepatan dari detik pertama atau kecepatannya konstan).

Sedangkan untuk gerak lurus berubah beraturan (GLBB), benda bergerak dengan percepatan tetap atau kecepatannya mengalami perubahan secara beraturan (misalnya benda bergerak pada detik pertama kecepatannya 2 m/s, kemudian detik kedua menjadi 4 m/s, kemudian detik ketiga menjadi 6 m/s dan seterusnya dan kecepatannya bertambah secara beraturan atau dianggap percepatan’nya selalu tetap setiap detiknya)”

Nah, Berarti Apa itu GLBB?

GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) yaitu gerak suatu benda pada lintasan garis lurus yang percepatan’nya tetap. Percepatan tetap menunjukkan bahwa besar dan arah’nya juga sama.

Nah, itulah sedikit ulasan tentang GLB (Gerak Lurus Beraturan) dan saudara terdekat’nya GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan) yang bisa Anda dapatkan pencerahan’nya dalam pembahasan kali ini. Dan Saya harap contoh soal diatas bermanfaat untuk Anda.

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *