Contoh Soal Jurnal Penyesuaian Akuntansi Terbaik

By on November 11, 2016

Berikut kami bagikan contoh soal jurnal penyesuaian untuk Anda. Dalam hal mengerjakan soal ini, Anda sebagai akuntan,siswa maupun guru pastinya membutuhkan contoh soal-soal sebagai referensi pembuatan soal. Kali ini, mzringgo.com akan sedikit berbagi contoh soal jurnal penyesuaian untuk Anda.

Contoh Soal Jurnal Penyesuaian dan Cara Penyelesaiannya

Sebelum mulai dengan contoh soal, kami juga akan memberikan berbagai pembahasan lain, misalnya contoh soal dan jawaban jurnal penyesuaian perusahaan dagang. Banyak diantara mesin pencarian Google menampilkan hal itu, oleh sebab itu kami juga akan membahasnya nanti.

Apa itu jurnal penyesuaian?

Jurnal penyesuaian adalah jurnal yang dibuat untuk menyesuaikan saldo rekening-rekening ke saldo yang sebenarnya sampai dengan periode akuntansi, atau untuk memisahkan antara pendapatan dan beban dari suatu periode dengan periode yang lain. (Wikipedia).

Menurut gurukelas.id, Jurnal penyesuaian terbagi ke dalam dua macam transaksi, yaitu transaksi akrual dan transaksi deferal. Transaksi akrual adalah transaksi yang berkaitan dengan pengakuan beban atau pendapatan yang telah terjadi, namun belum dicatat ke dalam akun tertentu.

Contoh transaksi akrual adalah seperti biaya yang masih harus dibayar dan pendapatan yang masih harus diterima. Sedangkan transaksi deferal adalah transaksi yang berkaitan dengan penundaan pengakuan beban atau pendapatan yang telah tercatat ke dalam akun tertentu, namun nilainya masih perlu dikoreksi lagi supaya sesuai dengan fakta pada akhir periode. Contoh transaksi deferal adalah seperti pemakaian perlengkapan dan pendapatan yang diterima di muka.

Setelah kita melihat pengertian dari jurnal penyesuaian itu sendiri, mari kita bahas soal yang pertama. Pertama kita mulai dengan contoh jurnal penyesuaian akuntansi terbaik.

Ayat Jurnal Penyesuaian :

1.      Peralatan kantor tersisa Rp4.500.000
2.      Gaji karyawan yang belum dibayar Rp500.000
3.      Sewa untuk bulan sudah dijadikan beban dari sewa dibayar di muka.
Buatlah Jurnal Penyesuaiannya :
1.      Beban Peralatan Kantor             Rp 5.500.000
Peralatan Kantor                                  Rp5 .500.000
( P.Kantor – P. Kantor Tersisa = 10.000.000 – 4.500.000 )

2.      Beban Gaji                                    Rp 500.000
Utang Gaji                                              Rp 500.000

3.      Beban Sewa                                  Rp 250.000
Sewa dibayar di muka                          Rp 250.000
( 4.500.000/1,5 tahun x 12 bulan = 250.000/bulan )

Download Contoh Soal dan Jawaban

==>>  DISINI 

Nah, dan untuk lebih mantap lagi. Kami berikan contoh soal yang lain seperti contoh soal ayat dan jawaban jurnal penyesuaian perusahaan jasa dan jawabannya beserta gambar dan perhitungan lengkap.  Untuk  melihat contoh soal silahkan download saja format word dibawah

==>> CONTOH SOAL JURNAL PENYESUAIAN 

Semoga bermanfaat untuk kawan-kawan semua. Contoh soal ini merupakan karya master akuntansi yang sudah lama malang melintang di dunia bisnis kantor. Jadi tidak perlu diragukan lagi akan kebenaran soal tersebut.

Dan kami tak lupa menyampaikan, bahwa soal-soal tersebut kami simpan dalam aplikasi penyimpanan di Google Drive demi keamanan file yang akan Anda ambil.

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *