RPP Kurikulum 2013 SD Terlengkap

By on May 20, 2016

Rencana Perangkat Pembelajaran atau biasa yang kita sebut RPP merupakan indikator tugas kita dalam mengajar. Pada tahun 2016, kurikulum yang kita gunakan banyak sudah menggunakan kurikulum 2013. Maka dari itu kita perlu contoh membuat RPP kurikulum 2013.

Contoh RPP Kurikulum 2013 untuk Jenjang Sekolah Dasar

Sejenak mari kita ketahui apa sih itu RPP? RPP Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar. Source of wikipedia

Pada kesempatan kali ini, Saya ingin membagikan beberapa contoh dari RPP kurikulum 2013, khususnya untuk jenjang sekolah dasar atau SD. Sedikit berbeda dengan RPP kurikulum KTSP, RPP kurikulum 2013 pada awalnya di Sekolah Dasar masih dikhususkan untuk kelas 1 dan 4.

Kurikulum baru yang telah di luncurkan sejak tahun 2013 yang lalu, pada tahun pelajaran 2014/2015 ini akan diterapkan pada kelas 1, 2, 4, dan 5 SD di seluruh Indonesia. Ditargetkan pada tahun 2015 seluruh jenjang, kelas 1 sampai 6 SD di seluruh Indonesia telah menerapkan kurikulum 2013. Source of sekolahdasar.net

Ok, kita mulai saja dengan membahas RPP kurikulum 2013 SD Terlengkap yang akan saya bagikan nanti dibawah. Saya kelompokan menjadi beberapa kelas saja, agar nantinya Anda tidak bingung dengan apa yang akan Anda cari.

Beberapa kelompok yang saya pisah ini akan mengarahkan Anda langsung pada tautan untuk memperoleh berkas/file RPP kurikulum 2013 SD terlengkap.  Dipandu dengan cara download RPP kurikulum 2013 yang mudah, Saya yakin Anda bisa mendapatkannya.

Utuk contoh RPP kurikulum 2013 SMA Anda bisa langsung meluncur ke halaman lain blog Saya ini dengan menu RPP KURIKULUM 2013. Anda akan menemukannya disitu berbagai kumpulan lengkap serta contoh pembuatan RPP dari jenjang apapun, tak terkecuali juga untuk RPP kurikulum 2013 SMP.

Berikut daftar contoh RPP kurikulum 2013 SD yang bisa Anda download untuk kepentingan mendidik dan mengajar Anda di sekolah.

Kumpulan RPP kurikulum 2013 jenjang SD dibawah, adalah contoh RPP kurtilas pada semester 1, silakan download salah satu sesuai kebutuhan Anda atau bisa juga ambil semuanya:

Untuk RPP kurikulum 2013 SD semester 2, silakan Anda ambil dibawah. Cara mendapatkannya juga sama. Contoh RPP kurikulum 2013 ini bisa Anda peroleh dengan mudah:

Bagaimana cara download tautan diatas? caranya cukup mudah, Anda tinggal klik tautan sesuai kebutuhan Anda yang mana. Lalu klik gambar dan visit link, otomatis akan masuk dalam komputer atau laptop milik Anda.

Penyusunan RPP pada Kurikulum 2013 masih menjadi kewajiban guru. RPP merupakan rencana kerja yang menggambarkan prosedur, organisasi, kegiatan pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan yang telah dijabarkan dalam silabus.

Anda dapat mengubah RPP di atas sesuai kondisi sekolah dengan kreatifitas Anda sendiri. Sesuai apa yang Anda ajarkan pada anak didik Anda dikelas.

Dan untuk contoh RPP jenjang SMA dan jenjang SMP, seperti yang Saya katakan sebelumnya. Anda bisa mencari pada kategori RPP KURIKULUM 2013 yang ada di website mzringgo.com ini.

Semua lengkap kami sajikan untuk Anda kawan-kawan guru atau pengembang pendidikan. Begitu juga untuk calon-calon guru yang saat ini menimba ilmu dibidang pendidikan guru.

Mari kita sedikit mengetahui hakikat RPP itu sendiri. Sebagai pendidik yang akan membuat RPP kita wajib tahu dan harus mengetahui hakikat RPP adalah:

Menurut Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.

RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Selanjutnya menurut Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, tahapan pertama dalam pembelajaran menurut standar proses adalah perencanaan pembelajaran yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

RPP adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu mengacu pada silabus.

Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di Sekolah Dasar, RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemua atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap pendidik pada suatu pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspirasi, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif.

Serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema dan dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Pengembangan RPP dapat dilakukan pada setiap awal semester atau awal tahun pelajaran dengan maksud agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara individu maupun berkelompok dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) di gugus sekolah.

Di bawah koordinasi dan supervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan. Kurikulum 2013 untuk Sekolah Dasar merupakan pendekatan pembelajaran Tematik Terpadu dari kelas I sampai kelas VI.

Sedangkan untuk prinsip-prinsip RPP itu sendiri menurut wikipedia Indonesia, terdapat beberapa poin yang harus kita kembangkan. Antara lain:

  1. RPP merupakan terjemahan dari ide kurikulum yang berdasarkan silabus yang telah dikembangkan pada tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  2. RPP dikembangkan sesuai dengan yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi pada satuan pendidikan baik kemampuan awal peserta didik, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan emosi, maupun gaya belajar.
  3. RPP mendorong partisipasi aktif peserta didik.
  4. RPP sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta didik yang mandiri dan tak berhenti belajar.
  5. RPP mengembangkan budaya membaca dan menulis.
  6. Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam bentuk tulisan.
  7. RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, pengulangan, dan umpan balik.
  8. RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan perpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
  9. RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Dan berikut contoh gambaran komponen dan sistematika dari RPP kurikulum 2013 itu sendiri. Bisa kita lihat dan contoh beberapa diantaranya:

sistematika RPP kurikulum 2013

 Ada beberapa poin, tepatnya 8 sistematika yaitu:

  1. Kompetensi inti
  2. Kompetensi dasar dan indikator
  3. Tujuan pembelajaran
  4. Materi pembelajaran
  5. Metode pembelajaran
  6. Media, alat dan sumber pembelajaran
  7. Langkah-langkah pembelajaran
  8. Penilaian

Pada tahap pembuatan RPP Anda harus memenuhi poin-poin diatas. Oleh karena itu Anda harus paham betul sistematika dalam pembuatan RPP.

Jika Anda kesulitan dalam mengetik kembali RPP, silakan pakai jasa atau minta bantuan Operator sekolah Anda. Karena tugas operator sekolah juga sangat lihat dalam hal ini. Semoga bermnfaat

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *