CONTOH FORMAT BARU SOAL CPNS 2015

Diposting pada
Berikut Materi Soal CPNS yang harus dikuasai agar anda bisa lulus CPNS tahun ini dengan mudah akan dijelaskan dalam kisi kisi materi soal TKD CPNS 2015. Ingat keberhasilan ditangan anda bukan dengan kekuatan finansial, berlakulah sportif dan jujur .

Kisi kisi Materi Soal TKD CPNS

Kisi kisi materi ini adalah merupakan bahan materi pembuatan soal cpns. Pemerintah menunjuk konsorsium perguruan tinggi untuk membuat soal cpns,, dengan mengacu kepada kisi kisi materi TKD – soal ini dimasukkan ke dalam sistem CAT. Soal soal ujian cpns yang tadi telah selesai dibuat dikumpulkan menjadi satu dalam bentuk Bank Soal.


Untuk kisi-kisi soal cpns secara globalnya adalah terdiri dari :
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Soal Tes Wawasan Kebangsaan merupakan soal yang akan menilai pengetahuan peserta ujian dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 Pilar Kebangsaan Indonesia. Soal ini terdiri dari 35 buah butir soal.

Bentuk soal cpns yang diberikan dalam TWK ini akan terdiri dari

  1. Soal CPNS Pancasila
  2. Soal CPNS UUD 45

  3. Soal CPNS Bhinneka Tunggal Ika

  4. Soal CPNS NKRI

Khusus untuk Materi Soal NKRI, dibagi lagi ke beberapa sub bagian materi yang tentu saja harus dikuasai, diantaranya:
  1. Sistem Tata Negara Indonesia
  2. Pengetahuan Pemerintah Pusat dan Daerah
  3. Sejarah Indonesia
  4. Peranan Bangsa Indonesia
  5. Wawasan Nusantara
  6. Pengetahuan Hukum dan Ekonomi
Passing Grade dari TWK adalah 70 atau 40% dari nilai maksimal Tes Wawasan Kebangsaan. Kurang satu point saja nilai dari TWK, maka peserta tes langsung dinyatakan “GAGAL”.

  • Tes Intelegensi Umum (TIU)
Soal ujian CPNS berbasis CAT terdiri dari 100 butir soal. dan 30 soal diantaranya adalah merupakan soal dari Tes Intelegensi Umum. Sebagian peserta menyatakan bahwa tes ini adalah merupakan bagian tersulit karena harus melakukan perhitungan angka angka yang muncul dalam soal hitungan dasar. Sebagian lagi meyatakan bahwa TWK lah yang sulit karena banyak sekali materi yang harus dipelajari. Terlepas dari semuanya, manapun yang dianggap sulit – tentunya tetap saja harus bisa dikuasai jika seseorang ingin menjadi seorang abdi negara.
Dalam tes ini setiap peserta akan diukur kemampuannya dalam bidang verbal, numerik, logis dan analitis. Untuk bisa lulus dalam tes ini tiap peserta tes harus memenuhi standard passing grade sebesar 75 atau 50% dari nilai maksimal Tes TIU.
  • Tes Karakteristik Pribadi
Tes ini akan berhubungan dengan karakter dan kejujuran dari masing masing peserta tes. Melalui tes ini akan bisa ditentukan apakah seorang peserta tes cocok dengan kualifikasi jabatan yang dipilih, apakah seseorang layak menempati posisi yang diinginkannya.
Tes ini dirancang khusus sehingga 11 faktor yang diharapkan bisa tercapai untuk menjaring aparatur sipil negara yang bisa melayani. Faktor tersebut mencakup: Integritas diri, Semangat berprestasi, Kreativitas dan inovasi, Orientasi pada pelayanan, Orientasi kepada orang lain, Kemampuan beradaptasi, Kemampuan mengendalikan diri, Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, Kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.
Untuk bisa lulus CPNS, setiap peserta tes dipersyaratkan memenuhi nilai 126 atau 72% dari Nilai maksimal Tes Karakteristik Pribadi.
SUMBER : http://www.asncpns.com
Baca juga 

Incoming search terms:

  • contoh soal c1 sampai c6 bahasa indonesia sd
  • contoh administrasi keuangan dalam kehidupan sehari hari
  • contoh laporan administrasi gudang
  • soal bahasa inggris tentang intention
  • contoh soal toafl bahasa arab dan pembahasannya
  • soal bahasa arab tpa
  • tes logika penalaran dan pembahasannya
  • contoh soal bahasa inggris tentang reservation
  • kumpulan film format avi
  • soal btcls

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *