Apa itu Metode Pembelajaran PAIKEM GEMBROT?

By on January 12, 2017

Apa itu metode pembelajaran PAIKEM GEMBROT? sejenak pasti diantara kawan-kawan pendidik semua saat membaca PAIKEM GEMBROT terfokus pada kata GEMBROT-nya bukan? GEMBROT atau gemuk biasanya terlintas di pikiran kita adalah wanita yang memiliki b0kong besar.

Metode Pembelajaran PAIKEM GEMBROT

Lalu apa itu Metode Pembelajaran PAIKEM GEMBROT Sebenarnya?

Sejenak kawan-kawan pendidik pastinya masih banyak yang bertanya-tanya apa sih itu? sejenis makanan kah? pastinya bukan, jika Anda seorang pendidik dan mencari tahu makna dari PAIKEM GEMBROT pastinya sudah tahu ini adalah salah satu metode pembelajaran terbaru dari Kemendikbud. Namun metode pembelajaran yang seperti apa?

Menurut informasi yang valid dan kompeten menjawab pertanyaan ini, adalah dari pihak Kemendikbud langsung. Metode pembelajaran PAIKEM GEMBROT adalah (Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira, dan Berbobot). Metode ini menggunakan pendekatan proses aktif membangun makna dan pemahaman masalah yang berkait informasi, ilmu pengetahuan dan pengalaman peserta didik. Peserta didik aktif menemukan, memproses, dan mengonstruksi ilmu pengetahuan dan ketrampilan.

Untuk lebih jelas lagi membahas metode pembelajaran terbaru dari Kemendikbud ini, silakan simak kata perkata dari artian PAIKEM GEMBROT, yaitu;

AKTIF
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan percobaan melibatkan peserta didik mencari informasi tentang topik/materi yang sedang dipelajari.

INOVATIF
Dapat memunculkan ide /gagasan baru dalam penyelesaian masalah.

KREATIF
Menemukan berbagai cara /jalan dalam pembelajaran.

EFEKTIF
Penggunaan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan masalah dalam KBM sesuai rencana/tujuan yang akan dicapai.

MENYENANGKAN
Peserta didik belajar dalam suasana menyenangkan (tidak tertekan, tidak takut).

GEMBIRA 
Suasana yang gembira tanpa tekanan Sesuai perkembangan peserta didik

BERBOBOT
Proses belajar mengajar yang sesuai dengan rencana dan tujuan Mengarah pada keberhasilan proses belajar mengajar sesuai kompetensi dasar

Setelah itu, PAIKEM GEMBROT tidak serta merta diajarkan begitu saja. Perlu adanya pemahaman karakteristik dari metode pembelajaran ini untuk menjamin kelancaran dalam proses belajar mengajar, antara lain;

Prinsip Metode Pembelajaran PAIKEM GEMBROT

  1. Guru memahami karakteristik peserta didik: sifat ingin tahu dan berimajinasi (modal dalam perkembangan sikap, berpikir kritis dan kreatif)
  2. Guru mengenal peserta didik secara individu (latar belakang dan kemampuannya)
  3. Mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif
  4. Menciptakan ruang kelas sebagai lingkungan belajar yang menarik (fisik,sosial, budaya)
  5. Umpan balik untuk meningkatkan kegiatan (interaksi antara guru dan peserta didik)

Nah, itulah mengenai metode pembelajaran terbaru. Masih belum puas? download buku metode pembelajaran PAIKEM GEMBROT dibawah;

[DOWNLOAD] METODE PAIKEM GEMBROT

Sekian terima kasih dari kami. Semoga artian dari pembahasan kali ini bermanfaat bagi rekan-rekan pendidik untuk lebih tahu mengenai perkembangan dunia pendidikan khususnya metode-metode pembelajaran.

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *