Contoh RPP Adiwiyata SMP dan SMA

By on November 7, 2016

Sebelum saya membagikan contoh RPP Adiwiyata SMP, saya akan jelaskan apa itu adiwiyata? lebih tepatnya sekolah adiwiyata merupakan program besutan Kementerian Lingkungan Hidup atau KLH dalam berpartisipasi terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Maka dari itu, kami berikan contoh RPP adiwiyata SMP dan SMA yang banyak melakukan program ini.

Contoh RPP Adiwiyata SMP bisa Anda dapatkan disini!!

Apa tujuan di adakannya adiwiyata ini? bagi sebagian sekolah, program ini tidaklah familiar. Kemungkinan karena di sekolah yang dimaksud adalah belum menerapkan program ini. Hanya saja di jenjang SMA sudah hampir menyeluruh diterapkan. Maka dari itu banyak contoh RPP adiwiyata SMA yang sudah tersebar.

Kembali lagi ke tujuan, apa sih tujuannya? ini yang penting Anda ketahui, tujuannya ialah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Baca juga:

Adapun Kegiatan utama Program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program dan kegiatan yang dikembangkan harus berdasarkan norma-norma dasar dan berkehidupan yang meliputi antara lain:Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Baca juga:

Manfaat dan keuntungan pastinya pada sebuah program pendidikan sangatlah besar. Tak terkecuali dengan adiwiyata ini. Beberapa keuntungan atau manfaat berikut bisa Anda ketahui, antara lain:

  1. Meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya.
  2. Meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya dan energi.
  3. Meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah.
  4. Menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah.
  5. Meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang.
  6. Menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai- nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar.
  7. Mendapat penghargaan Adiwiyata.

Bagaimana RPP untuk Program ini? silakan ambil dibawah:

==>> Download RPP Adiwiyata SMP

==>> Download RPP Adiwiyata SMA

About Captain Iwan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *