Don't Miss

NUPTK Salah Entry Pada Dapodik ! Apa Yang Harus Anda Lakukan, Dihapus Kah??

By on Maret 3, 2016
Sebelumnya saya mau tanya sebelum membahas permasalahan ini. Sebenarnya salah siapakah jika NUPTK salah entry pada Dapodik ? apakah operator sekolah? bisa dikatakan demikian, memang ya,, saya sebagai operator tidak akan keberatan jika NUPTK yang dientry salah dalam Dapodik adalah kesalahan operator sekolah. Namun bukan berarti OPS akan menjadi bulan-bulanan karena kesalahan ini.

Salah entry pada Dapodik

Perlu digaris bawahi, kesalahan operator sekolah dalam hal mengentry data bukan lantas menghakimi operator sekolah selaku penginput data. Banyak faktor mengapa operator sekolah salah dalam hal ini, jadi tidak 100% OPS bisa disalahkan. Beberapa faktor yang mungkin terjadi karena :
  1. Kurangnya pengalaman (masih awam)
  2. Kurangnya informasi dari pemilik data itu sendiri.
  3. Kurangnya motivasi dari sekolah, sehingga membuat daya “dobrak” ops untuk lebih teliti menginput data minim.
  4. Keharmonisan dengan salah satu Guru juga termasuk dalam hal ini, saya akui saya akan bekerja setengah hati untuk orang yang kurang harmonis terhadap saya, karena inilah sifat kebanyakan manusia (walaupun dilihat tidak profesional).
  5. Yang terakhir mungkin, bawaan dari segi manusia itu sendiri yang tak lepas dari yang namanya SALAH.
Beberapa faktor diatas memang hal umum terjadinya kesalahan dalam penginputan data oleh operator sekolah. Namun perlu diingat, kesalahan bukan berarti tidak bisa diperbaiki. Asal kita niat, kita semangat, bertekad kuat semua masalah akan kita babat. Bertekad kuat untuk memperbaiki diri, semangat juang lebih tinggi serta niat mencari informasi untuk mengetahui letak kesalahan yang terjadi. 

Berikut informasi mengenai kesalahan entry NUPTK pada dapodik yang bisa Anda selesaikan. Kesalahan pada dapodik, khusunya yang dibahas ini adalah entry-an NUPTK, kesalahan yang lain bisa cari informasi lebih lanjut. Banyak yang bertanya, bagaimana jika entry-an NUPTK pada dapodik salah? Kesalahan terbesar jika Anda melakukan seperti demikian :
  1. Menghapus data PTK dan membuat baru, untuk membuat kolom NUPTK jadi terbuka kembali. !! INI SANGAT SALAH !!
  2. Inspect element, atau mengubah struktur dalaman komputer Anda, khususnya aplikasi Dapodik untuk membuka kolom NUPTK. !! INI JUGA SALAH !!
Dua poin diatas adalah cara yang tidak direkomdasikan dalam menangani kesalahan ini. Hal yang harus Anda ketahui adalah :
  1. Bahwa, kesalahan entry NUPTK pada Dapodik akan diselesaikan / dikerjakan oleh TIM PDSPK. 
  2. Dan menurut informasi pada Dapodik generasi mendatang, kolom NUPTK akan terbuka kembali untuk di edit jika ada kesalahan.
Jika ada tambahan informasi dari pembaca, silahkan tambahkan di komentar bawah untuk admin perbaiki.
Baca juga :

Jika Anda tidak mau ketinggalan informasi tentang informasi-informasi DAPODIK, silahkan like Fans Page kami DISINI, atau kirimkan e-mail Anda dibawah untuk informasi darurat. Kami akan selalu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Anda, baik itu seputar Pendidikan, tunjangan guru dan tugas-tugas operator. Terima Kasih

About CAPTAIN IWAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *