Don't Miss

Kenapa Dapodik 4.0.3 Masih Menggunakan Semester Ganjil

By on Januari 7, 2016
Dapodik 4.0.3 Masih Menggunakan Semester Ganjil kenapa ini, apa saya salah dalam mengupdate? apa file patch yang saya unduh telah mengalami kerusakan. Hmmm.. pertanyaan ini pastinya muncul setelah Anda menginstal patch terbaru dari Dapodik di semester ini. Namun jangan khawatir, baca terus sampai akhir yah………….

Dapodik 4.0.3 Masih Menggunakan Semester Ganjil

Penggunaan semester ganjil pada aplikasi Dapodik, membuat sebagian Operator Sekolah menjadi galau, menjadi bingung. Bahkan sempat ada pula aplikasi Dapodiknya tidak bisa dibuka. Mereka bingung, kenapa sampai jadi begini. Habis liburan kok tambah pusing!

Nah, untuk cara yang benar saat Anda instal atau update aplikasi Dapodik harusnya seperti berikut :
  1. Sambungkan Laptop/PC dengan jaringan internet
  2. Rubah tanggal laptop anda menjadi tanggal 29 Desember 2015.
  3. Buka dan log in ke aplikasi dapodik anda.
  4. Pilih Pengaturan lalu cek pembaruan dan update.
Dan setelah Anda menginstal secara demikian, Anda tidak bisa memilih periode semester genap 2015/2016 kenapa?

Jika komputer telah terinstal aplikasi Dapodikdas v.4.0.2, maka Instal patch 403 tidak perlu uninstal aplikasi sebelumnya. Instal patch 403 kondisi off line (tidak terhubung dengan internet). Selesai Instal langsung login dapodik lanjut reload atau F5.
  • Patch 403 hanya memperpanjang waktu semester ganjil.
  • Patch 403 bukan aplikasi semester genap.
  • Patch 403 tidak perlu melakukan registrasi ulang.
Sehingga dari keterangan tersebut, dapat saya simpulkan beberapa hal penting lainnya terkait teknis penggunaan aplikasi Dapodikdas yang perlu kita perhatikan adalah sebagai berikut :
  • Tetap login pada semester 1 (Ganjil) TA. 2015/2016.
  • Tetap entry data baru ataupun edit / perubahan jika diperlukan.
  • Pada bagian data periodik, seperti pada tab “Peserta Didik” pada fasilitas “Action Menu” tidak perlu diubah, karena tombol ini berfungsi untuk menyalin semua Data Periodik Peserta Didik yang aktif dari semester 1 ke semester 2. 
  • Data periodik diupdate setelah versi baru aplikasi Dapodikdas khusus untuk semester 2 (genap) tahun pelajaran 2015/2016 nantinya dirilis secara resmi yang kemungkinan akan dirilis secara resmi pada akhir bulan Januari atau awal bulan Februari tahun 2016 ini.
  • Tetap melakukan sinkronisasi melalui aplikasi Dapodikdas v.4.0.3 khususnya untuk mengoptimalkan data calon peserta UN SD, SMP, dan SLB, ataupun untuk update data-data sekolah lainnya.
Kata kuncinya adalah “Aplikasi Dapodikdas v.4.0.3 adalah untuk memperpanjang masa aktif Aplikasi Dapodikdas dari tanggal 31 Desember 2015 (periode semester 1 TA. 2015/2016) yang diperpanjang masa aktifnya sampai dengan tanggal 31 Januari 2016”.

About CAPTAIN IWAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *