Don't Miss

Jumlah Kuota Peserta Sertifikasi Guru 2016

By on Januari 13, 2016
Informasi sertifikasi 2016 memang ditunggu para pendidik yang tentunya telah memenuhi persyaratan. Pada tahun ini, sergur 2016 perkiraan jadwal mungkin akan sama dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu sekitar bulan Maret. Dan tentunya jumlah kuota sertifikasi guru 2016 masih belum ditentukan di laman resminya Sergur Kemdiknas.

Sebelumnya pasti kita telah mengetahui informasi perubahan aturan pelaksanaan sertifikasi. Perubahan tersebut mulai berlaku 1 Januari 2016, untuk memperketat proses pelaksanaan sertifikasi guru. Bisa Anda lihat informasi selengkapnya disini.


Namun beredar kabar, jumlah peserta sertifikasi guru 2016 diperkirakan akan mencapai 547.154. Namun semua itu belum pasti mengingat kebutuhan anggaran yang akan dipakai belum diproses.

KUOTA SERTIFIKASI GURU 2016

Sebagai pendidik pastinya Anda ingin mengikuti sertifikasi guru 2016 bukan? persiapkanlah diri Anda, dengan memenuhi persyaratan nya. Berikut Sebagai guru non PNS, persyaratan untuk Anda adalah :
  1. Telah memiliki Nomor Unik Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Bagi guru yang mengajukan NUPTK baru pada tahun 2013 melalui sistem PADAMU NEGERI akan menerima dokumen S1 sebagai tanda bukti kepemilikan NUPTK baru.

Pada persyaratan diatas diketahui, NUPTK menjadi syarat yang penting dalam proses sertifikasi. Bagaimana jika tidak memiliki NUPTK? Bagi Anda yang belum memiliki NUPTK pada tahun 2016 ini, Anda bisa membuatnya dengan cara mengajukan di verval GTK. Baca DISINI
Sebagaimana kita ketahui pola sertifikasi guru khususnya guru dalam jabatan 2 tahun terakhir adalah menggunakan pola PLPG bagi mereka yang sudah bekerja sejak tahun 2005. Untuk pola lebih lanjut seperti metode penggunaannya bisa Anda lihat Disini

Pola Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan (PPGJ) yang digadang-gadang akan dilaksanakan pada tahun 2015 ternyata gagal akibat kurangnya dana dan masih banyaknya guru lama (yang sudah mengajar sejak 2005) belum mengikuti sergur atau pun tidak lulus pada sergur tahun tahun sebelumnya.

Sehingga merekalah yang diutamakan ikut sergur dengan pola PLPG yang dianggap lebih murah dan cepat, dibanding pola PPGJ yang memakan waktu berbulan-bulan.  Pola sergur 2016 selanjutnya adalah PPGJ yakni sertifikasi bagi guru yang baru diangkat per 1 Januari 2006 atau sesudahnya.

About CAPTAIN IWAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *