Cara Membuat Telur Asin Dari Brebes

By on January 10, 2016
Cara membuat telur asin dari Brebes pastinya agak sedikit berbeda dari daerah lain. Jika dari daerah lain menggunakan bahan baku dari bebek yang dikandang kandang seharian, telur asin dari Brebes menggunakan bebek yang dipangon. Apa itu pangon? pangon adalah istilah Brebes untuk gembala. Namun, sejauh yang saya ketahui, Brebes tidak membuat telur asin aneka rasa. Hanya proses pemasakannya yang terkenal.

cara membuat telur asin Brebes
Cara membuat telur asin rebus, telur asin bakar dan telur asin panggang memiliki cara khusus saat membuatnya. Sebagai orang asli Brebes, pastinya saya tahu betul proses pembuatan telur asin. Bahkan pembuatan telur asin telah menjadi pelajaran Muatan Lokal di Sekolah-sekolah Brebes. Sehingga tak heran, banyak anak-anak usia sekolah pun mampu membuat telur asin.
Apa perbedaan telur asin dari Brebes dan daerah lain? sejauh informasi dan fakta riset, telur asin Brebes mengeluarkan minyak serta masir. Kuning-kuning telur asin dari Brebes, jika kita belah pastinya telur asin yang bagus akan mengeluarkan minyak. Jika kita lumat atau jilat akan terasa ada seperti pasir yang menempel pada lidah kita, itu lah yang disebut masir.
Jangan tanya soal manfaat dari telur asin itu sendiri. Kandungan telur asin yang tinggi sudah di teliti sejak dahulu. Antara lain anti-oksidan, serta manfaat lain yang tidak bisa di jelaskan di pembahasan kali ini. Jika Anda ingin tahu manfaat telur asin lebih jauh Anda bisa klik Disini.
Langsung saja, ke pembahasan mengenai cara membuat asin dari Brebes, resep orang tua asli Brebes yang mewariskan bagaimana cara membuat telur asin enak dan super lezat. Ikuti langkah-langkahnya, catat pada buku Anda, atau silahkan print website ini yah…
Bahan Utama 
  • 10 Telur Bebek baru. Umur 1-3 Hari setelah keluar.

Usahakan menggunakan telur bebek pangon, seperti yang saya jelaskan di atas. Walaupun agak susah dicari, menggunakan telur bebek lain juga tidak masalah untuk percobaan.

  • 500gr Garam

Gunakan garam krosok. Apa itu garam krosok? bisa Anda cari dipasar dan tanyaan pasti ada disitu. Jika memang tidak ada, Anda bisa menggunakan garam dapur biasa yang halus atau juga bisa menggunakan garam kotak.

  • Abu Gosok Secukupnya kira-kira 1 Kantong Kresek

Gunakan abu gosok apa saja, di warung-warung banyak biasanya untuk mencuci peralatan rumah tangga. Kalau bisa abu bekas dari kayu waru, entah apa maksudnya saya juga tidak tahu, mungkin warisan dari orang tua. Kalau tidak ingin ribet ya pakai abu gosok biasa saja seperti di warung-warung.

  • 1 Batu Bata Merah
Pakai batu bata merah yang seperti biasa kita jumpai. Bukan batako beton yah,, ingat. hehehe. Dan jangan lupa hancurkan batu bata merah sampai lembut, sampai berbentuk seperti pasir.
  • Air Bersih 1-2 liter
Pakai air bersih untuk proses pembuatan adonan pembungkus telur. Pakai air bersih supaya hasil lebih mantap. Ingat jangan pakai air teh ya apa kopi nanti hasilnya telur asin cap kopi.
  • Wadah

Wadah apa aja terserah anda, mau itu ember plastik, bak plastik, maupun tong kayu bekas. Dan ingat yang bekas dan tentunya punya sendiri jangan punya tetangga.

  • Jerami

Kami biasanya di Brebes menggunakan batang padi yang kering. Namun jika anda tidak ada, kertas pun bisa menjadi penggantinya.

MEMBUAT ADONAN PEMBUNGKUS TELUR BEBEK

1. Masukan air bersih pada ember.
2. Campur garam, aduk hingga rata.
3. Masukan abu gosok.
4. Masukan batu bata merah yang sudah halus.
Aduk semua bahan diatas menggunakan tangan, sampai adonan menjadi kalis atau seperti adonan tepung. Tidak terlalu encer tidak terlalu keras. Adonan yang bagus berwarna hitam kemerahan karena campuran abu gosok dan batu bata merah tadi.
PERSIAPAN TELUR BEBEK

Pertama yang kita lakukan adalah :
  1. Rendam telur bebek yang telah kita siapkan pada ember berisi air. Kenapa? hal ini untuk mengetahui telur bebek yang bagus. Telur bebek yang bagus adalah tenggelam di dasar. Jika mengambang segera ganti saja, karena mutu dan kualitas telur rendah.
  2. Setelah direndam, sekalian gosok kulit telur bebek tersebut sampai bersih. ingat jangan sampai retak bahkan pecah karena bisa fatal nantinya. 
  3. Bilas sampai benar-benar bersih telur bebek tadi.
  4. Tiriskan telur bebek tersebut. Ingat jangan direbus dulu ya!! sabar.
Bahan pembuat telur asin Brebes
Garan Krosok, Bata Merah, Jerami dan Abu Gosok
PROSES PEMBALUTAN TELUR DENGAN ADONAN 
Tahap selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah :
  • Siapkan adonan pembalut telur bebek yang telah dibuat.
  • Siapkan juga telur bebek yang sudah dibersihkan tadi.
Proses pembuatan telur asin Brebs
Contoh gambar pembalutan telur bebek
  1. Taruh telur bebek di telapak tangan kiri.
  2. Ambil adonan secukupnya menggunakan tangan kanan.
  3. Tempelkan atau balut telur tadi dengan adonan sampai rata dan tertutup semua.
  4. Ulangi sampai semua selesai.
Catatan penting: Jika ada telur yang retak sebaiknya dibuang, jangan dipaksakan untuk di balut adonan. karena akan berbau busuk nantinya.
PROSES PENYIMPANAN

Ini adalah tahap akhir dari pembuatan telur asin, cara penyimpanan telur asin Brebes pun tidak sembarangan. Yaitu sebagai berikut :
  1. Siapkan wadah, ember atau bak, atau tong kayu.
  2. Masukan jerami sebagai alasnya. Kalau tidak ada kertas juga tidak apa-apa.
  3. Masukan telur yang sudah dibalut adonan tadi.
  4. Dan masukan kembali jerami diatas tumpukan telur tadi.
  5. Tutup rapat. Waspada ada tikus “berkepala hitam” yang akan mencuri telur bebek Anda.
  6. Simpan selama 10 hari. Tidak kurang tidak lebih. Walaupun terkadang banyak juga lebih dari itu namun kebanyakan akan membuat telur semakin asin.
  7. Simpan ditempat gelap.
SELESAI
Pada proses penyimpanan, sebaiknya jangan Anda buka penutupnya karena dikhawatirkan akan terjadi goncangan dahsyat sehingga membuat telur tadi pecah.
Setelah sepuluh hari masa penyimpanan, Anda bisa segera membuka penutup dan segera melakukan proses selanjutnya. Pada proses pemasakannya pun ada cara khusus yang dilakukan orang Brebes dalam pemasakan telur asin ini.
Selain, bahan baku, pemilihan bahan tambahan, proses pembuatan adonan orang Brebes selalu cermat. Maka dari itu jika Anda ingin hasil lebih maksimal. Silahkan lihat cara atau proses pemasakan telur asin Brebes lebih lengkap Disini.
Nah bagaimana, sedikit ribet bukan? namun demi terciptanya kualitas rasa untuk menggoyang lidah Anda, telur asin khas Brebes memang tidak tanggung-tanggung dalam pembuatannya. Ini semua demi terciptanya rasa yang lezat dan telur asin yang super.
Anda malas untuk membuatnya? namun penasaran dengan rasa telur asin Brebes? tapi Anda jauh dari Brebes? jangan khawatir, dengan zaman serba online dan canggih ini, Anda bisa menikmati telur asin Brebes tanpa jauh-jauh ke Kabupaten Brebes. Kini, saya akan membantu rasa penasaran Anda dengan membuka lapak telur asin khas Brebes yang tentunya berkualitas dan harga terjangkau hanya untuk Anda.
KLIK GAMBAR DIBAWAH UNTUK MELIHAT LAPAK TELUR ASIN KAMI
Beli telur asin khas Brebes

About Captain Iwan

3 Comments

  1. Afrid Fransisco

    January 11, 2016 at 4:02 am

    oh ternyata gitu ya bikin telur asin.
    telur asin bebek memang enak ūüėČ

    • CAPTAIN IWAN

      January 11, 2016 at 9:26 am

      Iya mas,, asli ramuan dari Brebes

      • beny

        September 4, 2016 at 7:29 am

        tolong di kasih perbandingan untuk pembuatan 50 sampai 100 butir dong, mau rencana buat usaha. dari perbandingan abu gosok batu bata sama garamnya untuk skala 50 atau 100 butir. trimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *