Don't Miss

5 Hal Sebelum Anda Sinkronisasi Dapodikdas 4.1.0

By on Januari 22, 2016
Pendataan Dapodikdas pada tahun 2016 untuk semeseter genap telah memasuki babak baru. Kemunculan Dapodikdas 4.1.0 menjadi rutinitas operator sekolah setelah beristirahat sejenak dari liburan semester pertama lalu. Setelah Anda menginstal Dapodikdas 4.1.0 pastinya ingin sekali cepat-cepat selesai dan langsung sinkronisasi bukan? namun tunggu dulu, sinkronisasi Dapodikdas 4.0.1 bukan hal sembarangan dilakukan. Berikut beberapa tips untuk Anda saat akan sinkronisasi Dapodikdas 4.0.1 ini.

Sinkronisasi Dapodikdas
Cara sinkronisasi Dapodikdas pastinya sudah banyak yang sudah paham karena ini tugas operator sekolah. Banyak yang sudah mengetehaui langkah apa saja yang dilakukan saat akan sinkronisasi. Namun berbeda dengan sinkronisasi di dapodikdas 4.1.0 ini, perlu Anda ketahui beberapa hal sebelum sinkronisasi.

1. Pastikan data pada menu kevalidan sudah kosong. Tidak ada tanda peringatan kuning apalagi merah.

2. Koneksi internet yang lancar. Pastikan internet Anda dalam kondisi lumayan ngebut, karena dipastikan saat awal-awal ini banyak dari sekian sekolah akan melakukan sinkronisasi. Jika internet Anda lemot, bisa dipastikan akan kalah saingan dalam perebutan tempat di server Dapodikdas.

3.  Ada baiknya saat Anda sinkron, Kepala Sekolah mendampingi atau disamping Anda. Dikarenakan ada sedikit “PERSETUJUAN PENGIRIMAN DATA” yang harus diketahui Kepala Sekolah
YANG ISINYA SEBAGAI BERIKUT :

“Saya kepala sekolah SD ANDA menyatakan bahwa data yang dikirimkan ke server Dapodikdas Kemdikbud adalah benar sesuai dengan fakta di sekolah yang saya pimpin. Apabila terjadi rekayasa data maka saya bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi serta tuntutan ganti rugi sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku. data ini sudah di periksa kebenarannya oleh pihak sekolah untuk diperbantukan dikirimkan oleh operator sekolah.”

Tertanda Kepala Sekolah
SD ANDA
NAMA KEPALA SEKOLAH


4. Jangan sampai lupa, jika sekolah Anda memiliki perpustakaan, segera buatkan nomor perpustakaan. Cara buatnya bisa Anda lihat disini.

5. Sebagai tambahan adalah BERDO’A semoga lancar pengiriman nya dan lancar cipratan sertifikasi nya. 

Setelah Anda melakukan sinkronisasi diatas, JANGAN SAMPAI LUPA untuk cetak pakta integritas sekolah Anda. Untuk cetak pakta integritasnya Anda bisa menuju halaman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id cetak lah disitu.

Nah itulah beberapa tips sinkronisasi Dapodikdas 4.1.0 yang bisa Anda terapkan. Sejatinya memang banyak yang tahu bagi Anda operator lama. Namun bagi yang baru hal ini sangat bermanfaat sekali untuk menjamin kualitas data pengirimannya. SALAM SATU DATA

About CAPTAIN IWAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *