Don't Miss

Bagaimana Cara Membuka File Dz Pada Data Peserta Ujian 2016

By on Desember 17, 2015
Bagaimana cara membuka file Dz yang kita peroleh saat mendownload data peserta ujian 2016 di dapodik. Pastinya Anda kebingungan saat mencoba membuka file Dz tersebut. Kenapa file Dz tidak bisa dibuka, ada apa? tidak seperti membuka file pdf atau file-file yang lain. Sudah saya ekstrak namun malah error. Bagaimana menanganinya.

Bagaimana Cara Membuka File Dz Pada Data Peserta Ujian 2016



Pada saat Anda membuka laman dapo.dikdas.kemdikbud.go.id untuk mengunduh data peserta Ujian Nasional 2016 dikejutkan dengan adanya file berjenis Dz ini. Namun jangan khawatir, file ini sebenarnya TIDAK UNTUK DIBUKA, tapi dikirim atau di upload pada aplikasi BIO UN 2016. Nah, sampai disini pasti Anda sudah tidak bingung lagi bukan?  sama seperti saya, dulu waktu pertama kali mendapatkan file tersebut sempat mencari sana sini untuk membuka file tersebut.

Apa itu BIO UN ? BIO UN merupakan aplikasi untuk mendata peserta ujian nasional. Seperti tahun-tahu sebelumnya, bio un berperan penting dalam mensukseskan ujian nasional. Tugas KK Datadik yang nantinya akan mengupload file Dz Anda ke aplikasi BIO UN 2016. Seperti tercantum pada Juknis Ujian Nasional 2016.
Berikut kutipannya :

Tahap selanjutnya, tiap satuan pendidikan menyerahkan hasil verifikasi file data calon peserta ujian nasional tingkat akhir, kepada panitia ujian nasional yang berada di dinas pendidikan kabupaten/kota. Sementara panitia ujian nasional kabupaten/kota akan memproses file tersebut (mengirim) kepada panitia ujian nasional pusat melalui aplikasi BIO-UN untuk menjadi data peserta ujian nasiona


Namun ada pula daerah yang satuan pendidikannya mengerjakan sendiri. Biasanya aplikasi ini akan diberitahukan dari UPT di wilayah Anda. Jadi jika Anda belum mendapatkannya, coba untuk dikonfirmasi. 

Cara upload data Dz tersebut, Anda bisa ikut langkah-langkah ini. Tentunya jika Anda sidah mendapatkan aplikasinya.

Kita mulai dari awal, Pergi ke situs : 
  1. Download File *DZ pada situs itu dan simpan di :^PENDATAAN UN/0xx(kode wilayah kita)/DAPODIK/disini
  2. Buka Aplikasi Pendataan (BIO UN) dan lakukan Login
  3. Pada Tab bagian atas pilih Isi Data sedangkan pada Tab samping kiri pilih Export/Import (tunggu sampai aplikasi berhasil meload data)
  4. Pilih Kabupaten
  5. Pilih Sekolah yang bersangkutan
  6. Pilih Import Dapodik dan pilih Nama file yang tadi kita kita simpan
  7. Pilih Proses dan pilih OK dan selesai

Cara dikutip dari opserot.com
Nah sudah tahu bukan, kalau file Dz itu tidak untuk dibuka, melainkan untuk diupload di aplikasi BIO UN 2016. Jadi jangan pusing-pusing lagi memikirkan dan cari caranya. Selamat bekerja..

About CAPTAIN IWAN

One Comment

  1. Hidayatul Fitri

    Desember 22, 2015 at 4:21 pm

    ok

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *