Don't Miss

100 RIBU FORMASI SIAP MENAMPUNG CPNS BARU TAHUN 2015

By on Mei 5, 2015
Kabar gembira buat kamu yang nunggu info penerimaan CPNS 2015 tahun ini, karena pemerintah walaupun melakukan moratorium CPNS – akan tetapi 100 ribu formasi sudah disiapkan untuk direkrut yang pelaksanaanya dijadwalkan sekitar bulan Agustus September mendatang.

Perekrutan CPNS tahun ini adalah diperuntukan untuk CPNS jalur honorer K2 dan CPNS jalur umum. Semua tes akan menggunakan sistem CAT seperti yang telah dilaksanakan pada tahun 2014 lalu.


Saat diminta konfirmasi oleh wartawan mengenai formasi CPNS tahun ini, Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menjawab bahwa saat ini seluruh jumlah kebutuhan pegawai di tiap instansi sedang dihitung. Walaupun tahun ini pelaksanaan moratorium akan tetapi formasi pendidik, kesehatan dan tenaga fungsional tertentu tetap dibuka.

“Moratorium CPNS tetap jalan, namun sifatnya terbatas. Masih ada jabatan-jabatan yang kami buka. Antara lain tenaga pendidik, kesehatan serta tenaga fungsional tertentu seperti jaksa, penyuluh, dan lainnya,” sebutnya kepada wartawan, seperti dikutip asncpns dari jpnn, Jumat (27/3)

Moratorium CPNS atau penundaan sementara penerimaan CPNS, dipilih Pemerintah sebagai kebijakan untuk mengerem laju pertumbuhan PNS. Keluarnya Moratorium CPNS ini dilatarbelakangi membengkaknya jumlah PNS dan tersedotnya anggaran Negara untuk membiayai belanja pegawai.

Sistem penerimaan pegawai PNS yang diberlakukan tahun ini sebenarnya hampir sama dengan tahun sebelumnya pada masa pemerintahan Menteri Azwar Abubakar, yaitu Zero Growth. Dimana itu mengandung arti, kuota abdi negara yang disiapkan akan mengikuti jumlah PNS yang memasuki masa pensiun.

Jika dilihat secara menyeluruh, setiap tahunnya di seluruh wilayah Indonesia diperkirakan ada sekitar 75 ribu-100 ribu PNS yang masuk batas usia pensiun (BUP).

“Kalau disesuaikan dengan semangat zero growth, otomatis kuota CPNS yang direkrut akan berkurang mengikuti jumlah pensiun. Namun, itu tidak pakem. Artinya, kuotanya bisa kurang dari jumlah PNS yang pensiunnya. Jadi, kalau yang pensiun tahun ini sekitar 100 ribu, tidak akan mungkin lebih dari itu kuota CPNS baru,” tambahnya.

About CAPTAIN IWAN

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *